Ke Sukabumi? Lewat Jalur Batutulis Aja…

Pascamusin hujan tahun ini, jalur dari Bogor menuju Sukabumi rusak berat. Setelah keluar dari Ciawi, Anda akan menghadapi jalanan berlobang dan hancur berat. Hal ini mungkin dikarenakan hujan yang terus-menerus mengguyur wilayah itu, ditambahkan dengan buruknya system drainase di kanan-kiri jalan. Kemacetan luar biasa pun menjadi pemandangan yang biasa karena rusaknya jalan ini, selain kemacetan yang disebabkan penumpukan kendaraan di berbagai pasar sepanjang jalur Ciawi-Sukabumi. Terpantau, sepanjang Ciawi hingga pasar Cicurug terdapat ratusan lubang menganga sangat dalam besar yang kemungkinan besar akan menjadi penyebab kecelakaan apabila pengemudi tidak berhati-hati. Bagi yang akan menuju Sukabumi, disarankan melalui jalur alternatif dari Bogor, yakni melewati jalur Batutulis-Cipaku-Cijeruk-Cigombong-Lido-Sukabumi. Jalur ini terbilang mulus meski tidak selebar jalur utama Ciawi-Sukabumi. Kerusakan jalan hanya terlihat di daerah Batutulis dan sekitarnya, selebihnya lancar dan mulus. Namun, Anda juga perlu berhati-hati melewati jalur ini, karena banyak tikungan yang tidak terkira. Disarankan, setelah melewati sebuah tikungan, Anda tetap memelankan laju kendaraan karena ada kalanya akan berhadapan dengan jurang atau persimpangan jalan di depannya.

Jika belum pernah melewati jalur ini, ancang-ancangnya setelah keluar tol Bogor, belokkan kendaraan Anda ke arah Tajur hingga bertemu bundaran jalan di depan Ekalokasi Plaza. Dari situ, arahkan kendaraan Anda menuju Sukasari (belok kanan). Ikuti terus jalan tersebut hingga jalur satu arah bertemu dengan jalur 2 arah. Arah sebaliknya tersebut menuju langsung ke Batutulis. Nah, dari situ belokkan kendaraan ke arah kiri. Di sini Anda akan melewati turunan yang cukup curam dan akan melewati rel kereta api. Setelah rel, Anda akan bertemu pertigaan jalan. Dari situ kemudian ambil arah kanan (jembatan, menyeberangi sungai besar). Di situlah perjalanan menuju Sukabumi dimulai. Di sini juga Anda akan tetap akan melewati jalan berlubang dan sedikit rusak. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti jalur tersebut hingga keluar di Cigombong (sebelum Lido). Jangan khawatir masalah waktu. Dengan melewati jalur ini, waktu Anda akan terpangkas daripada melewati jalur Ciawi-Sukabumi, yakni sekitar 45 menit -1 jam perjalanan.

Bagaimana jika Anda dari arah sukabumi? Nah, dari arah sukabumi, pelankan kendaraan Anda jika sudah melewati Lido (Danau Lido). Setelah itu akan bertemu jembatan yang di bawahnya terdapat rel kereta api. Tepat di samping jembatan dan rel tersebut, belokkan kendaraan Anda ke kiri. Ikuti jalur tersebut hingga keluar di Batutulis. Selamat mencoba…

Ride safe, Bro!

About these ads

About -bla-

anteb dah....

One response to “Ke Sukabumi? Lewat Jalur Batutulis Aja…”

  1. Willy says :

    tes..tes….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: