Ayam Unik: Berkaki 4 dan Beranus 2

Ada hewan langka di Kp Pasar Ahad, Desa Gunung Picung, Kec Pamijahan, Bogor. Seorang peternak ayam, Uus Yusuf Hermawan, memiliki ayam unik berkaki empat dan beranus dua. Usia ayam tersebut saat ini sekitar 1 bulan dengan berat kurang lebih 0.8 ons.
Awalnya, Uus mengetahui ayam unik tersebut sejak pengiriman DOC satu bulan yang lalu. Mengetahui ada yang aneh dengan ayam ini, peternak lulusan S-1 Hukum ini segera memisahkan dari ayam-ayam lain dan memasukkannya ke tempat khusus yang lebih steril. Setelah diamati, selain memiliki kaki empat, ayam ini juga terjadi mempunyai dua anus.

Hingga kini, dengan seksama Uus merawat ayam ini. Ketika ditanya mengenai perawatannya, bapak dari tiga anak ini mengatakan bahwa dalam masalah perawatan, tidak ada beda dengan ayam-ayam lainnya. “Saya tetap memberikan makanan yang biasa dimakan ayam lain di peternakan ini,” katanya. Uus juga mengaku tidak memberikan perlakuan khusus untuk ayam unik ini selain memberi tempat yang nyaman dan bersih  agar kesehatanya bisa terkontrol.

Uus mengaku sengaja tidak mengekspos adanya ayam langka ini kepada masyarakat umum, kecuali kolega dan keluarga dekat. “Ini adalah koleksi pribadi. Saya tidak perlu mengeksposnya kepada masyarakat. Biar mereka tahu sendiri,” tuturnya.

Uus sendiri sudah beternak ayam selama lebih dari 10 tahun. Dalam satu musim, pria berusia 35 tahun ini mengaku memanem sekitar 30.000 ekor ayam. Namun, dia mengaku baru kali ini menemukan ayam yang langka dan unik di kandangnya. “Ini baru kali pertama di daerah sini. Saya juga belum pernah dengar ada di daerah lain”, katanya.

Meski belum begitu diketahui khalayak umum, kata Uus, pernah beberapa kali kolega dan kelurga dekatnya menawar ayam langka ini. Tapi, sampai saat ini, Uus belum berani melepasnya karena belum menemukan harga yang pas. Namun, lanjutnya, jika ada kolektor yang berniat membayar ayam unik ini lebih tinggi, dia akan rela melepasnya. Saat ditanya berapa kisaran harga yang diminta, dia belum berani buka mulut. “Masalah harga, bisa dibicarakan kemudian. Ya, harga nego, lah,” pungkasnya.
Ada yang berminat? (willy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s