Game Travian: Garap, Serang, Rampok!

travian32Buat yang punya hobi main game online, ada game seru yang bisa dimainkan. Nama game ini adalah Travian. Travian merupakan browser-based game yang dibuat oleh sebuah perusahaan Jerman, Travian Games GmbH. Dalam game virtual ini, user bisa saling berkomunikasi dengan desa yang dimainkan pemain lain sehingga user dapat memutuskan untuk berteman, atau berperang, atau bahkan beraliansi dengan pemain lain yang ada dalam satu server, yang jumlahnya bisa mencapai ribuan user.

Untuk memainkan game ini, tidak perlu men-download software, melainkan cukup browsing di websitenya, yaitu www.travian.co.id. Setelah daftar dan memilih suku bangsa, user akan diberi tahu koordinat desa untuk memudahkan proses permainan selanjutnya. Selain itu, user juga diberi kesempatan untuk membaca tutorial sehingga jelas apa yang harus dilakukan. Kelebihan game ini, selain karena bersifar real time, game ini juga bisa dimainkan meski dengan koneksi internet yang lambat. Hal tersebut mungkin karena game Travian ini menggunakan domain lokal (.co.id), namun ada juga versi internasionalnya (.com)

Pada awal permainan, mungkin user akan agak sedikit bingung karena hanya melihat kotak-kotak tanpa ada yang bergerak. Di tahap awal, desa kecil hanya memiliki satu bangunan. Namun jangan khawatir, karena pada tahap-tahap awal ini, user akan ditemani oleh Questmaster yang akan setia menemani hingga pada level tertentu. Quesmaster bertugas memberi petunjuk apa yang harus dilakukan setelah satu pekerjaan diselesaikan oleh user.

Pada game Travian terdapat 3 suku yang bisa dipilih, yaitu Suku Romawi, Galia, dan Teuton. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. User dapat memilih salah satunya, tergantung gaya yang diinginkan. Jika menyukai perdamaian, user bisa memilih suku Galia yang kuat dalam bertahan. Namun, jika suka berperang, dapat memilih suku Teuton. Sementara jika suka dengan bangun-membangun dan peperangan, user dapat memilih suku Romawi.

Untuk menjaga pertahanan desa dan melakukan penyerangan ke desa lain, setiap suku tentunya memerlukan pasukan/balatentara. Oleh karena itu, di pusat desa harus dibuatkan titik temu, barak, akademi, dan fasilitas yang berkaitan dengan dunia kemiliteran lainnya. Sementara untuk membangun desa, tentunya memerlukan sumber daya. Dalam game ini, terdapat empat jenis sumber daya yang bisa digunakan, yaitu kayu, tanah liat, besi, dan gandum. Lahan sumber daya ini perlu terus dikembangkan untuk meningkatkan suplai, karena perluasan pembangunan di pusat desa akan terpatok pada jumlah sumber daya yang tersedia. Jika sumber daya tersendat, maka pembangunan desa pun akan terhambat. Dengan demikian, setelah meningkatkan suplai sumber daya, user dapat mulai malakukan ekspansi desa.

travian

Selanjutnya, untuk menyimpan dan meningkatkan jumlah sumber daya yang telah diproduksi, perlu dibangun gudang dan lumbung di pusat desa. Semakin besar level lumbung dan gudang, akan semakin besar pula daya tampung sumber daya di dalamnya. Sementara untuk urusan perekonomian, user harus membangun pasar untuk memperjual-belikan sumber daya yang dimiliki. Bahkan jika memang darurat, user dapat meminta bantuan dari pemain lain untuk mengirim sumber daya melalui pasar ini. Semakin tinggi level pasar, semakin tinggi pula jumlah pedagang dan sumber daya yang bisa dibawa pedagang ke desa lain.

Untuk lebih jelasnya, mending segera meluncur ke TKP di sini. Selamat menikmatiii…

One thought on “Game Travian: Garap, Serang, Rampok!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s